Rabu, 19 Februari 2020

Jejak-Jejak Sejarah Fotografi


FOTOGRAPHY


Di sampaikan oleh :
Hermanto, S.Kom., M.T.I





Jejak-Jejak Sejarah Fotografi










Daniar Wikan Setyanto, M.Sn


           Istilah Fotografi berasal dari bahasa yunani yaitu Photos (cahaya) dan Graphein (menggambar) berarti fotografi dapat diartikan dengan menggambar dengan medium cahaya”. Sedangkan istilah Kamera berasal dari kata bahasa latin yaitu Camera Obscura atau dalam bahasa inggris Dark Room yang artinya Kamar GelapCamera Obscura ditemukan jauh sebelum fotografi yaitu 384 SM-322 SM oleh ilmuwan yunani bernama Aristoteles. Namun pada tahun 1452 – 1519 penemuan ini ditulis kembali oleh Leonardo da Vinci. Pada waktu itu kamera tidak mengenal optik/lensa, sistem camera hanya dihasilkan oleh sebuah lubang kecilOleh karena itu, camera Obscura sering juga disebut dengan istilah Pinhole.

                  Pada mulanya bentuk camera obscura sangat besar. Bahkan seperti rumah, dan didalamnya dapat dimasuki oleh manusia. Kamera obscura juga tidak memiliki elemen optis/lensa.





            Kemudian dari waktu ke waktu bentuk camera obscura semakin kecil dan praktis. Di Inggris Pada tahun 1770 kamera mulai dilengkapi dengan optik/lensa untuk menambah kecerahan gambar.


Cara kerja Camera Obscura/ Pinhole


Gambar yang dihasilkan merupakan gambar terbalik.



         Bentuk kamera obscura semakin kecil hingga ukuran 6x6cm. Tipe kamera inilah yang kemudian menjadi cikal bakal kamera SLR (Singgle Lens Reflect). Penambahan cermin membuat gambar yang dihasilkan tidak lagi terbalik.



Era Penemuan Film


        Diawali dengan teknik Heliography oleh Frencman Joseph Nicohore (1765-1833). Teknik ini merupakan awal dari teori kecepatan rana. Proses cetak Heliography membutuhkan waktu yang lama hingga 8 jam.

                   Co hasil dari teknik Heliography dengan 8 jam penyinaran (1765-1833)



            Setelah heliography, objek fotografi berkembang dengan ditemukannya plate perak oleh Jacques Mande Daguerre (1787-1851). Teknik plate perak dianggap lebih baik dari heliography karena hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dapat menghasilkan gambar. Namun baru pada tahun 1939 jenis kamera dengan plate perak ini diproduksi secara komersial. 


         Camera Daguerre







                     Film hitam putih negatif pertama ditemukan oleh George Eastman pada tahun 1880 di New York AS. Tahun 1884 merupakan tahun pertama dimana hasil cetak dari film ditampilkan di media massa New York Times. Pada tahun yang sama pula beredar kamera ber-film pertama di dunia, yakni Kamera Brownie.

           Camera Brownie





        Hasil Camera Brownie






       Film Negatif berwarna pertama baru muncul tahun 1936. Film warna dikembangkan dan diproduksi oleh raksasa perusaan film terkenal yaitu KODAK. Dan pada masa itu film negatif warna diberi nama KODAKCHROME”.

     Film Negatif







               Sedangkan kamera SLR pertama muncul tahun 1936 oleh produsen camera Exakta sebagai pelopor SLR 35mm. Kamera medium format pertama muncul pada tahhun 1948 oleh produsen camera Hasselblad.

Camera Exakta sebagai pelopor SLR 35mm




Hasil Camera Exakta sebagai pelopor SLR 35mm








Camera Medium Format





              Kamera SLR Semakin Populer dengan lahirnya produsen kamera seperti Nikon, Canon, Yashica, Olympus pada tahun 1957an.









Terima Kasih.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOTO DAN BIOGRAFI FOTOGRAFER NASIONAL SPESIALISASI /DAN OLAHRAGA

Assalamu'alaikum.. Halo haii! nihao! annyeong!! Kali ini aku akan bagikan biografi fotografer nasional spesialisasi di bidang jurnalis...